RPP MATEMATIKA

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 1 – 5

Alokasi                    : 10 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan real   

Kompetensi Dasar     : Menerapkan operasi pada bilangan real

•A.            Indikator

  • 1. Dua atau lebih bilangan bulat dioperasikan ( dijumlah, dikurang, dikali, dibagi ) sesuai dengan prosedur
  • 2. Dua atau lebih bilangan pecahan, dioperasikan ( dijumlah, dikurang, dikali, dibagi ) sesuai dengan prosedur
  • 3. Bilangan pecahan dikonversi ke bentuk persen, atau pecahan, desimal, sesuai prosedur
  • 4. Konsep perbandingan ( senilai dan berbalik nilai ), skala, dan persen digunakan dalam penyelesaian masalah program keahlian

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat mengoperasikan bilangan bulat
  • 2. Siswa dapat mengkonversikan pecahan kedesimal atau sebaliknya
  • 3. Siswa dapat menyelesiakan masalah pada program keahlian

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Konsep bilangan berpangkat dan sifat-sifatnya
  • 2. Operasi pada bilangan berpangkat
  • 3. Penyederhanaan bilangan berpangkat

•D.            Metode Pengajaran    

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran          

  • 1. Kegiatan awal : Memberikan pengantar tentang bilangan real dan jenis-jenis bilangan.
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan serta menjelaskan tentang operasi dan konversi pada bilangan Real.
  • 3. Kagitan Akhir : Memberi latihan tentang operasi dan konvesi bilangan real.

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul Bilangan Riil
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

  • 1. Kuis
  • 2. Tes lisan
  • 3. Tes tulis
  • 4. Pengamatan dan penugasan

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

      

         

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 6 – 10

Alokasi                    : 10 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan real   

Kompetensi Dasar     : Menerapkan operasi pada bilangan berpangkat

•A.            Indikator

  • 5. Bilangan berpangkat dioperasikan sesuai dengan sifat-sifatnya
  • 6. Bilangan berpangkat disederhanakan atau ditentukan nilainya dengan menggunakan sifat-sifat bilangan berpangkat
  • 7. Konsep bilangan berpangkat diterapkan pada penyelesaian masalah

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat mengoperasikan bilangan berpangkat
  • 2. Siswa dapat menyederhanakan bilangan berpangkat
  • 3. Siswa dapat menyelesaiakan persamaan bilangan berpangkat

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Konsep bilangan berpangkat dan sifat-sifatnya
  • 2. Operasi pada bilangan berpangkat
  • 3. Penyederhanaan bilangan berpangkat

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Mengenalkan dan menerangkan operasi bilangan berpangkat
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan Konsep bilangan berpangkat, sifat-sifat dan operasi bilangan berpangkat
  • 3. Kagitan Akhir : Memberikan lathan yang menyangkut bilangan berpangkat, sifat-sifat dan operasi

         bilangan berpangkat

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul Bilangan Riil
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

1. Kuis

2. Tes lisan

3. Tes tulis

4. Pengamatan dan penugasan        

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

      

         

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 11 – 14

Alokasi                    : 8 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan real   

Kompetensi Dasar     : Menerapkan operasi pada bilangan bentuk akar

•A.            Indikator

  • 1. Bilangan bentuk akar dioperasikan sesuai dengan sifat-sifatnya
  • 2. Bilangan bentuk akar disederhanakan atau ditentukan nilainya dengan menggunakan sifat-sifat bentuk akar
  • 3. Konsep bilangan irasional diterapkan dalam penyelesaian masalah

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat menyederhanakan bilangan bentuk akar
  • 2. Siswa dapat menentukan nilai bilangan bentuk akar
  • 3. Siswa dapat menerapkan konsep bilangan irasional bentuk akar dalam penyelesaian masalah

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Konsep bilangan berpangkat dan sifat-sifatnya
  • 2. Operasi pada bilangan berpangkat
  • 3. Penyederhanaan bilangan berpangkat

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran 

  • 1. Kegiatan awal : Mengenalkan dan memberikan pengantar tentang bilangan irasional
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan Konsep bentuk akar, sifat-sifat dan operasi pada bilangan bentuk akar
  • 3. Kagitan Akhir : Memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul Bilangan Riil
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

1. Kuis

2. Tes lisan

3. Tes tulis

4. Pengamatan dan penugasan        

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematiaka

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 15 – 18

Alokasi                    : 8 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan riil     

Kompetensi Dasar     : Menerapkan konsep logaritma

•A.            Indikator

  • 1. Operasi logaritma diselesaikan sesuai dengan sifat-sifatnya
  • 2. Soal-soal logaritma diselesaikan dengan menggunakan tabel dan tanpa tabel
  • 3. Permasalahan program keahlian diselesaikan dengan menggunakan logaritma

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat logaritma
  • 2. Siswa dapat menggunakan table logaritma
  • 3. Siswa dapat mengaplikasikan logaritma pada bidang keahlian

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Konsep logaritma
  • 2. Sifat-sifat logaritma
  • 3. Operasi pada logaritma

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR sebelumnya dan memberikan pengantar tentang logaritma
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan Konsep, sifat-sifat dan operasi logaritma serta penggunaan table logaritma
  • 3. Kagitan Akhir : Memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul Bilangan Riil
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

1. Kuis

2. Tes lisan

3. Tes tulis

4. Pengamatan dan penugasan 

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 19 – 23

Alokasi                    : 10 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep aproksimasi kesalahan 

Kompetensi Dasar     : Menerapkan konsep kesalahan pengukuran

•A.            Indikator

  • 1. Hasil membilang dan mengukur dibedakan berdasar pengertiannya
  • 2. Hasil pengukuran ditentukan salah mutlak dan salah relatifnya
  • 3. Persentase kesalahan dihitung berdasar hasil pengukurannya
  • 4. Toleransi pengukuran dihitung berdasarkan hasil pengukurannya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat mengukur dan membilang sesuai pengertiannya
  • 2. Siswa dapat menentukan kesalahan mutlak dan kesalahan relatif dalam suatu pengukuran
  • 3. Siswa dapat menghitung pertsentase kesalahan dalam pengukuran dan toleransinya

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Konsep Pengukuran
  • 2. Kesalahan dalam pengukuran dan persentase kesalahannya
  • 3. Toleransi dalam pengukuran

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang mengukur dan membilang
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan konsep pengukuran dan kesalahan dalam pengukuran
  • 3. Kagitan Akhir : Memberikan beberapa latihan tentang pengukuran dan kesalahan dalam pengukuran

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul Bilangan Riil
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

1. Kuis

2. Tes lisan

3. Tes tulis

4.  Pengamatan dan penugasan

   

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 24 – 27

Alokasi                    : 8 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep aproksimasi kesalahan 

Kompetensi Dasar     : Menerapkan konsep operasi hasil pengukuran

•A.            Indikator

  • 1. Jumlah dan selisih hasil pengukuran dihitung untuk menentukan hasil maksimum dan hasil minimumnya
  • 2. Hasil kali pengukuran dihitung untuk menentukan hasil maksimum dan hasil minimumnya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat menghitung atau menentukan jumlah maksimum dan minimum karena kesalahan pengukuran
  • 2. Siswa dapat menghitung atau menentukan selisih maksimum dan minimum karena kesalahan pengukuran
  • 3. Siswa dapat menghitung atau menentukan hasil kali maksimum dan minimum karena kesalahan pengukuran
  • 4. Siswa dapat menerapkan konsep aproksimasi kesalahan pengukuran pada bidang keahlian

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Jumlah maksimum dan minimum pada hasil pengukuran
  • 2. Selisih maksimum dan minimum pada hasil pengukuran
  • 3. Hasil kali maksimum dan minimum pada hasil pengukuran

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Memberikan penjelasan kembali tentang salah mutlak
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan Jumlah, selisih dan hasil kali dari beberapa hasil pengukuran
  • 3. Kagitan Akhir : memberikan latihan soal serta memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul Aproksimasi Kesalahan
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

  • 1. Kuis
  • 2. Tes lisan
  • 3. Tes tulis
  • 4. Pengamatan dan penugasan

   

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 28 – 30

Alokasi                    : 6 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat          

Kompetensi Dasar     : Menentukan Himpunan Penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier

•A.            Indikator

  • 5. Persamaan linier satu variabel ditentukan himpunan penyelesaiannya
  • 6. Pertidaksamaan linier satu variabel ditentukan himpunan penyelesaiannya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian persamaan linier satu variabel
  • 2. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan linier satu variabel

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Persamaan linier satu dan dua variabel
  • 2. Pertidaksamaan linier satu variabel

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang persamaan dan pertidaksamaan
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan cara menentukan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier
  • 3. Kagitan Akhir : Memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul Persamaan dan Pertidaksamaan
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

  • 1. Kuis
  • 2. Tes lisan
  • 3. Tes tulis
  • 4. Pengamatan dan penugasan

   

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 31 – 34

Alokasi                    : 8 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat          

Kompetensi Dasar     : Menentukan Himpunan Penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

•A.            Indikator

  • 1. Persamaan kuadrat ditentukan himpunan penyelesaiannya
  • 2. Pertidaksamaan kuadrat ditentukan himpunan penyelesaiannya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian persamaan kuadrat
  • 2. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat

•C.            Materi Pelajaran

  • 5. Persamaan kuadrat
  • 6. Pertidaksamaan kuadrat
  • 7. Akar-akar persamaan kuadrat berikut sifat-sifatnya
  • 8.

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan cara menentukan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
  • 3. Kagitan Akhir : Memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul Persamaan dan Pertidaksamaan
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

  • 1. Kuis
  • 2. Tes lisan
  • 3. Tes tulis
  • 4. Pengamatan dan penugasan

   

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

                                                                       

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 35 – 38

Alokasi                    : 8 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat          

Kompetensi Dasar     : Menerapkan konsep persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

•A.            Indikator

  • 5. Persamaan kuadrat disusun berdasarkan akar-akar yang diketahui
  • 6. Persamaan kuadrat baru disusun berdasarkan akar-akar persamaan kuadrat lain
  • 7. Persamaan dan pertidaksamaan kuadrat diterapkan dalam menyelesaikan masalah program keahlian

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat menentukan persamaan kuadrat yang diketahui akar-akarnya
  • 2. Siswa dapat menentukan persamaan kuadrat yang memiliki hubungan dengan persamaan kuadrat lain
  • 3. Siswa dapat menerapkan persamaan dan pertidaksamaan pada bidang keahlian

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Penyusunan persamaan kuadrat
  • 2. Penerapan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat pada bidang keahlian

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan menjelaskan kembali tentang akar-akar persamaan kuadrat
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan cara menyusun persamaan kuadrat
  • 3. Kagitan Akhir : Memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul Persamaan dan Pertidaksamaan
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

  • 1. Kuis
  • 2. Tes lisan
  • 3. Tes tulis
  • 4. Pengamatan dan penugasan

   

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 39 – 43

Alokasi                    : 10 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat          

Kompetensi Dasar     : Menyelesaikan Sistem Persamaan

•A.            Indikator

  • 5. Sistem Persamaan linier dua variabel ditentukan himpunan penyelesaiannya
  • 6. Sistem Persamaan linier tiga variabel ditentukan himpunan penyelesaiannya
  • 7. Sistem Persamaan dua variabel satu linier dan satu kuadrat ditentukan himpunan penyelesaiannya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel
  • 2. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan linier tiga variabel
  • 3. Siswa dapat menerapkan himpunan penyelesaian sistem persamaan satu linier dan satu kuadrat

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Sistem Persamaan linier dua variabel dan tiga variabel
  • 2. Sistem Persamaan linier dua variabel, satu linier dan satu kuadrat

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan menjelaskan kembali tentang persamaan linier dan kuadrat
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan cara mendapatkan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan
  • 3. Kagitan Akhir : Memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul Persamaan dan Pertidaksamaan
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

  • 1. Kuis
  • 2. Tes lisan
  • 3. Tes tulis
  • 4. Pengamatan dan penugasan

   

          Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 44 – 50

Alokasi                    : 14 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks

Kompetensi Dasar     : Mendeskripsikan macam-macam matriks

•A.            Indikator

  • 1. Matriks ditentukan unsur, notasi dan transposnya
  • 2. Elemen matriks ditentukan berdasarkan kesamaan dua matriks
  • 3. Matriks dibedakan menurut jenis dan relasinya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 5. Siswa dapat menentukan ordo dan transpos matriks
  • 6. Siswa dapat menyelesaikan kesamaan dua matriks
  • 7. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis matriks

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Unsur-unsur matriks, orrdo matriks, transpos matriks dan jenis-jenis mattriks
  • 2. Kesamaan dua matriks
  • 3.

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang konsep matriks
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan ordo, transpose, jenis-jenis matriks dan kesamaan dua mtriks
  • 3. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul tentang Matriks
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

  • 1. Kuis
  • 2. Tes lisan
  • 3. Tes tulis
  • 4. Pengamatan dan penugasan

   

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 51 – 57

Alokasi                    : 14 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks

Kompetensi Dasar     : Mendeskripsikan macam-macam matriks

•A.            Indikator

  • 5. Dua Matriks atau lebih ditentukan penjumlahan dan pengurangannya
  • 6. Dua Matriks atau lebih ditentukan hasil kalinya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan matriks
  • 2. Siswa dapat mengoperasikan hasil kali skalar dengan matriks
  • 3. Siswa dapat mengoperasikan hasil kali matriks dengan matriks

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Penjumlahan dan Pengurangan matriks
  • 2. Perkalian skalar dengan matriks dan perkalian matriks dengan matriks
  • 3. Kesamaan dua matriks yang mengandung operasi matriks

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang operasi matriks
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan kesamaan dua mtriks
  • 3. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul tentang Matriks
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

  • 1. Kuis
  • 2. Tes lisan
  • 3. Tes tulis
  • 4. Pengamatan dan penugasan

   

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 58 – 63

Alokasi                    : 12 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks

Kompetensi Dasar     : Menentukan determinan dan invers matriks

•A.            Indikator

  • 1. Matriks ditentukan determinannya
  • 2. Matriks ditentukan inversnya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 5. Siswa dapat menentukan determinan matriks
  • 6. Siswa dapat menentukan invers matriks
  • 7. Siswa dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel dengan menggunakan matriks

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Determinan dan invers matriks berordo dua
  • 2. Determinan dan invers matriks berordo tiga
  • 3. Penggunaan determinan dan invers matriks pada penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang determinan dan invers matriks
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan determinan, invers matriks dan penyelesaian persamaan dengan matriks
  • 3. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul tentang Matriks
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

  • 1. Kuis
  • 2. Tes lisan
  • 3. Tes tulis
  • 4. Pengamatan dan penugasan

          Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 2

Pertemuan Ke           : 64 – 67

Alokasi                    : 8 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Menyelesaikan masalah program linier      

Kompetensi Dasar     : Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier

•A.            Indikator

  • 5. Pertidaksamaan linier ditentukan daerah penyelesaiannya
  • 6. Sistem pertidaksamaan linier dengan 2 variabel ditentukan daerah penyelesaiannya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat menentukan daerah penyelesaian pertidaksamaan linier
  • 2. Siswa dapat menentukan daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier dua variabel

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Grafik daerah penyelesaian pertidaksamaan linier
  • 2. Grafik daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier dua variabel

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang pertidaksamaan linier
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan cara membuat grafik penyelesaian sistem pertidaksamaan linier 2 variabel
  • 3. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul tentang Program Linier
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

  • 1. Kuis
  • 2. Tes lisan
  • 3. Tes tulis
  • 4. Pengamatan dan penugasan

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 2

Pertemuan Ke           : 68 – 70

Alokasi                    : 6 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Menyelesaikan masalah program linier      

Kompetensi Dasar     : Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier

•A.            Indikator

  • 1. Soal ceritera ( kalimat verbal ) diterjemahkan kedalam kalimat matematika
  • 2. Kalimat matematika ditentukan daerah penyelesaiannya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat mengubah soal cerita ( kalimat verbal ) menjadi kalimat matematika
  • 2. Siswa dapat menentukan daerah penyelesaian dari kalimat matematika

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Model Matematika

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 5. Diskusi
  • 6. Penugasan
  • 7. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang model matematika
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan cara mengubah kalimat verbal menjadi kalimat matematika
  • 3. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul tentang Program Linier
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

1.  Kuis

2.  Tes lisan

3.  Tes tulis

4.  Pengamatan dan penugasan

   

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 2

Pertemuan Ke           : 71 – 73

Alokasi                    : 6 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Menyelesaikan masalah program linier      

Kompetensi Dasar     : Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier

•A.            Indikator

  • 1. Soal ceritera ( kalimat verbal ) diterjemahkan kedalam kalimat matematika
  • 4. Kalimat matematika ditentukan daerah penyelesaiannya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat mengubah soal cerita ( kalimat verbal ) menjadi kalimat matematika
  • 2. Siswa dapat menentukan daerah penyelesaian dari kalimat matematika

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Model Matematika

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 5. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang model matematika
  • 6. Kegiatan Inti : Menerangkan cara mengubah kalimat verbal menjadi kalimat matematika
  • 7. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul tentang Program Linier
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian 

1.  Kuis

2.  Tes lisan

3.  Tes tulis

4.  Pengamatan dan penugasan

  

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   : Matematika

Kelas/ Semester                 : X / 2

Pertemuan Ke                    : 74 – 77

Alokasi                             : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi            :Menyelesaikan masalah program linier

Kompetensi Dasar               : Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linier

A.       Indikator                

1. Fungsi obyektif ditentukan dari soal

2. Nilai optimum ditentukan berdasar fungsi obyektif

B.        Tujuan Pembelajaran

          1. Siswa dapat dapat menetukan nilai obyektip dari soal cerita

          2. Siswa dapat menentukan nilai optimum, baik maksimum atau minimum

C.        Materi Pelajaran                  

1. Fungsi objektif

2. Nilai optimum

D.       Metode Pengajaran            

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan 

4. Penemuan

E.         Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan awal       :  Membahas PR dan memberikan pengantar tentang  model matematika

2. Kegiatan Inti        :  Menerangkan cara mencari nilai maksimum dan minimum

3. Kagitan Akhir        :  Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

         

F.       Sumber Belajar                  

1. Modul Matematik SMK

2. Referensi lain yang relevan

G.        Penilaian

1. Kuis

2. tes lisan

3. tes tulis

4. pengamatan danpenugasan

                                                      

Mengetahui,                                                                              Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   : Matematika

Kelas/ Semester                 : X / 2

Pertemuan Ke                    : 78 – 80

Alokasi                             : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi            : Menyelesaikan masalah program linier

Kompetensi Dasar               : Menerapkan garis selidik

A.        Indikator       

1. Garis selidik digambarkan dari fungsi obyektif

2. Nilai optimum  ditentukan menggunakan garis selidik

B.        Tujuan Pembelajaran

          1. Siswa dapatmenggambar garis selidik dari fungsi obyektif

          2. Siswa dapa t menentukan nilai optimim dengan menggunakan garis selidik

C.        Materi Pelajaran                          

Garis selidik

D.        Metode Pengajaran            

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Penemuan

E.         Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan awal       :  Membahas PR dan memberikan pengantar tentang  model matematika

2. Kegiatan Inti        :  Menerangkan cara mencari nilai maksimum dan minimum dengan menggunakan metode    

                                   garis selidik.

3. Kagitan Akhir        :  Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan serta mengabil nilai 

                                  tugas

F.         Sumber Belajar                           

1. Modul Matematik SMK

2. Referensi lain yang relevan

G.        Penilaian 

1. Kuis

2. tes lisan

3. tes tulis

4. pengamatan dan penugasan

                                                     

Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                       Guru Bidang Studi Matematika

Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   : Matematika

Kelas/ Semester                 : X / 2

Pertemuan Ke                    : 81 – 84

Alokasi                             : 8 x 45 menit

Standar Kompetensi            : Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan    

                                          dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor

Kompetensi Dasar               : Mendeskripsikan pernyataan dan bukan pernyataan (kalimat terbuka)

  • A. Indikator

1. Pernyataan dan bukan pernyataan dibedakan

2. Suatu pernyataan ditentukan nilai kebenarannya

B.        Tujuan Pembelajaran

          1. Siswa dapat membedakan antara pernyataan dan bukan pernyataan 

          2. Siswa dapat menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan

C.        Materi Pelajaran                  

Pernyataan dan bukan pernyataan

D.        Metode Pengajaran            

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Penemuan

E.         Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan awal                :  Pengenalan logika matematika kepada siswa melalui beberapa contoh dialam 

   yang nyata ( konkret )

2. Kegiatan Inti                  :  1.Menjelaskan tentang perbedaan antara pernyataan dan bukan pernyataan

                                         2. Menelaskan bagaimana menentukan nilai kebenaran

3. Kagitan Akhir                  :  Memberikan tugas siswa untuk membuat kalimat yang merupakan pernyataan

    dan yang merupakan pernyataan.

F.         Sumber Belajar                  

1. Modul

2. Matematik SMK

3. Referensi lain yang relevan

G.        Penilaian                          

  • 1. Kuis
  • 2. tes lisan
  • 3. tes tulis
  • 4. pengamatan dan penugasan

                                                     

Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   : Matematika

Kelas/ Semester                 : X / 2

Pertemuan Ke                    : 85 – 89

Alokasi                             : 10 x 45 menit

Standar Kompetensi            : Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan      

                                        dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor

Kompetensi Dasar               : Mendeskripsikan  ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi dan    

                                        ingkarannya

A.        Indikator                

1. Ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi dibedakan

2. Ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi, ditentukan  nilai kebenarannya

3. Ingkaran dari konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi ditentukan nilai kebenarannya

B.        Tujuan Pembelajaran          

          1. Siswa dapat membedakan antara ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi

          2. Siswa dapat menetukan nilai kebenaran ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi

3. Siswa dapat menetukan nilai kebenaran Ingkaran dari konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi ditentukan 

    nilai kebenarannya

C.        Materi Pelajaran                          

1. Ingkaran                                           4. Implikasi

2. Konjungsi                                          5. Biimplikasi                     

3. Disjungsi                                           6. Ingkarannya

D.        Metode Pengajaran            

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Penemuan

E.         Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan awal                :  Mengenalkan siswa tentang Ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan  

    biimplikasi

2. Kegiatan Inti                  :  1. Menjelaskas agar siswa dapat membedakan antara. Ingkaran, konjungsi,

   disjungsi, implikasi, dan biimplikasi.

   2. Menjelaskan agar siswa dapat menetukan nilai kebenaran ingkaran, konjungsi,

    disjungsi, implikasi, dan biimplikasi

3. Kagitan Akhir                  :  Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

F.         Sumber Belajar                           

1. Modul Matematik SMK

2. Referensi lain yang relevan

G.        Penilaian                          

1. Kuis

2. Tes lisan

3. Tes tulis

4. Pengamatan dan penugasan  

                                         

Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                        Guru Bidang Studi Matematika

                                                                                                             

Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471   

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   : Matematika

Kelas/ Semester                 : X / 2

Pertemuan Ke                    : 90 – 92

Alokasi                             : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi            : Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan 

                                        dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor

Kompetensi Dasar               : Mendeskripsikan Invers, Konvers dan Kontraposisi

•A.     Indikator

1. Invers, Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi

     2. Invers, Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi dan ditentukan nilai kebenarannya

B. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat menetukan Invers, Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi

     2. Siswa dapat menentuka Invers, Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi dan ditentukan nilai

         kebenarannya

C. Materi Pelajaran

1.Invers

2.Konvers

3.Kontraposisi dari implikasi

•D.     Metode Pengajaran                 

1.Ceramah

2.Diskusi

3.Penugasan dan Penemuan

E. Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan awal            :  Membahas PR dan memberikan pengenalan tentang Invers, Konvers dan Kontraposisi

   ditentukan dari suatu implikasi

2. Kegiatan Inti             :  Menerangkan agar siswa dapat menentukan nilai kebenaran . Invers, Konvers dan

    Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi.

3. Kagitan Akhir             :  Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

F. Sumber Belajar                        

1. Modul

2. Matematik SMK

3. Referensi lain yang relevan

G. Penilaian                      

1. Kuis

2. Tes lisan

3. Tes tulis

4. Pengamatan dan penugasan

                                                     

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                       Guru Bidang Studi Matematika

Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   : Matematika

Kelas/ Semester                 : X / 2

Pertemuan Ke                    : 93 – 95

Alokasi                             : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi            :Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor

Kompetensi Dasar               : Menerapkan modus panens, modus tollens dan prinsip silogisme dalam menarik kesimpulan.

•A.     Indikator                     

1. Modus ponens, modus tollens dan silogisme dijelaskan pebedaannya

2. Modus ponens, modus tollens dan silogisme digunakan untuk menarik kesimpulan

3. Penarikan kesimpulan ditentukan kesahihannya      

B. Tujuan Pembelajaran                

1. Siswa dapat mengerti modus ponens, modus tollens dan silogisme serta mampu menjelaskan pebedaannya

2. Siswa dapat menetukan modus ponens, modus tollens dan silogisme digunakan untuk menarik kesimpulan

3. Siswa dapat menarikan kesimpulan ditentukan kesahihannya

C. Materi Pelajaran                      

1. Modus ponens

2. modus tollens dan silogisme

D. Metode Pengajaran                  

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan dan Penemuan

E. Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan awal            :  Membahas PR dan memberikan pengenalan tentang modus ponens, modus tollens dan

   silogisme serta menjelaskan pebedaannya

2. Kegiatan Inti             :  Menerangkan agar siswa dapat menetukan modus ponens, modus tollens dan silogisme

    digunakan untuk menarik kesimpulan

3. Kagitan Akhir             :  Memberikan latihan berbagai soal tentang modus ponens, modus tollens dan silogisme

    digunakan untuk menarik kesimpulan.

F. Sumber Belajar                        

1. Modul

2. Matematik SMK

3. Referensi lain yangnrelevan

G. Penilaian             

1. Kuis,

2. Tes lisan

3. Tes tulis

4. pengamatan dan penugasan

                                                      

          Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                               Guru Bidang Studi Matematika

Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

177 Komentar

  1. Ririn Aster T said,

    September 28, 2007 at 1:21 am

    Siapa yang punya RPP Matematika untuk kelas 2 SD ya? klo ada yang punya tolong kirim ke e-mailku ya! Thx

  2. Ririn Aster T said,

    September 28, 2007 at 1:23 am

    Siapa yang punya RPP Matematika untuk kelas 2 SD ya? klo ada yang punya tolong kirim ke e-mailku : ri2n_asteroid@yahoo.co.id ya! Thx

    Saat ini saya belum menemukan RPP SD Kelas 2! nanti kalau emang sudah ada segera saya kirim! Thank juga :-)

  3. Riko said,

    September 29, 2007 at 8:30 am

    Siapa yang punya Rencana Pengajaran Matematika untuk kelas XII IA?
    kalau ada yang punya tolong kirim ke e-mailku ya.
    riko_sagit @yahoo.com
    Thanks ya.

  4. September 30, 2007 at 1:42 pm

    1.untk apa mempelajari aproksimasi kesalahan?(dgn contoh)
    2.jlskan apa sj yg termasuk dlm aproksimasi kesalahan?
    3.operasi apa sj yg berlaku pd aproksimasi kesalahan?

  5. rohilah said,

    Oktober 26, 2007 at 3:49 am

    Siapa yang punya RPP SMK.Boleh dong,,kita sharing soal susunan materinya.kirim ke e-mail saya yaaa

  6. Khairul SRB said,

    November 14, 2007 at 11:53 pm

    dari : wong banyumas
    masukan mas parjo, akan lebih sempurna kalau rpp smk mas parjo di link ke materi pelengkapnya.
    mis : tes tertulis ya di link ke materi tesnya
    tak lupa makasiiiih. Allah meridhai. Amin

  7. queen said,

    Januari 10, 2008 at 2:16 am

    contoh contoh soal dan jawaban bentuk akar dan logaritma,,,,,,,,,

  8. ihsan muzakki said,

    Februari 4, 2008 at 2:04 am

    terima kasih atas rppnya tp klo boleh rpp kelas xi dan xii nya juga ya

  9. Ria "Rianti" Suwanti said,

    Februari 8, 2008 at 12:48 am

    Eh, kq ErPePe nya Simple amat ya waktu aq buka blog ni, P ga’ da yang lebih bagus lagi buat di posting ke blog ini ieh?..

  10. eko said,

    Februari 19, 2008 at 1:03 am

    tolong dikirimin ke e-mail saya RPP Matematika SMK teknik TK II dan III donk..!!!
    please… makasih..

  11. asep syahidin said,

    Maret 1, 2008 at 7:23 am

    sahabat yang baik hati….. tolong donk kirim-kirim RPP matematika kelas XI & XII SMK ke email ku… terimakasih mg kita tetap eksis..

  12. kangwoko said,

    Maret 6, 2008 at 4:26 pm

    tlg ya non kalo ada rpp dan silabus sd kirimi kangwoko

  13. dwi said,

    Maret 6, 2008 at 8:51 pm

    baik banget

  14. laila said,

    Maret 11, 2008 at 10:18 am

    tolong kirim alamat web yang mengajarkan tentang rumus – rumus matematika yang komplit

  15. M. ilham Sembodo said,

    Maret 17, 2008 at 2:21 pm

    Mas, maaf punya RPP tentang pembelajaran irisan kerucut ga ?

  16. Mukie P.A said,

    Maret 18, 2008 at 7:41 am

    Ojuga mau RPP klsXI dan klsXII ,Siapa yg punya aku dikirimi lwt e-mail donk..

  17. Muky said,

    Maret 18, 2008 at 8:01 am

    Lg butuh bahan ajar Math siapa yg mo bantu aye……..

  18. Muhammad Agustiawan said,

    Maret 19, 2008 at 8:29 am

    Cayang . . . . . . . . . terima kaci RPP ny,, Aku copy buat melaksanakan tugas kuliah sebagai bahan percontohan.
    Vielen Dank !
    Liube Freunde !
    Eiur Gusti

  19. nurlaela said,

    Maret 21, 2008 at 11:14 am

    ‘afwan jiddan…
    rppnya di copy…
    terimakasih banyak, smoga pahalanya pada anda..
    masih baru sih jadi gurunya..tapi bikin rpp adalah tugas.

  20. otto hartono said,

    Maret 26, 2008 at 2:21 pm

    terima kasih banyak, yang kelas XI dan XII, dan kelas IX nya kalo ada yang punya kirimi saya dong.. ke oom_guru@yahoo.co.id, sebelumnya terima kasih.

  21. aanto said,

    April 26, 2008 at 5:21 am

    kirimi aq rpp matematika donk… please. thanx

  22. anto said,

    April 27, 2008 at 3:51 pm

    tailasomu

  23. harnadi said,

    April 30, 2008 at 5:43 am

    terim kasih karena udah nolongin, tetapi rppnya enggak komplit

  24. syairozi said,

    Mei 11, 2008 at 1:55 pm

    meskipun secara teori rppnya kurang lengkap, tapi saya salut dengan anda coz peduli thdp pend Mat. teruss bjuang!!

  25. Mei 13, 2008 at 12:42 am

    Dengan adanya perangkat pengajaran yang ada di internet amat sangat membantu para guru baik yang lama maupun yang baru. Terimakasih kepada semua guru yang telah memberi contoh perangkat pengajaran semoga Tuhan memberkati.Amin

  26. ion said,

    Mei 16, 2008 at 5:34 pm

    sipppppppp wae lah……………..

  27. Abik Selamet said,

    Mei 27, 2008 at 4:50 am

    makasi RPP nya. Kenapa Cuma Kelas X aja? Tolong dong yang kelas XI dan XII. Trims.

  28. Jhony Ramadhan said,

    Mei 29, 2008 at 3:07 am

    Thanks RPP nya. Untuk ke depan klo bisa sekalian dengan skenarionya, boleh kan? tolong juga dong RPP kelas XI dan XII biar Collectionnya lengkap juga. terima kasih

  29. isroil said,

    Mei 30, 2008 at 2:16 pm

    pak tolmg dengan hormat aku mintadi kirimi rpp matematika

  30. merizart alhafiz said,

    Juni 3, 2008 at 7:00 am

    kirimin gue rpp kelas 8 matematika

  31. ayis said,

    Juni 4, 2008 at 2:27 pm

    tolong kirimin rpp n rencana mata study smk kelas x, xi, xii semester 1 donk
    plis ya. trims be 4

  32. elviarni said,

    Juni 6, 2008 at 8:45 am

    hallow Mas
    Tolong kirimkan saya RPP Matematika Untuk kelas II SD dan Silabusnya
    khususnya pada pokok bahsan pecahan dan soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah
    tolong ya
    pleeeezzzzzzzzzz

  33. diana said,

    Juni 17, 2008 at 6:55 am

    pak….tolong dong kirimin aq RPP matematik dan silabusnya untuk STM Kelas X XI XII…plisssssssssssss

  34. MOSES BUNTUGAJANG said,

    Juli 1, 2008 at 7:33 am

    TLG DONG RPP MATX UNTUK SMK INDUSTRI KELAS XI DAN XII. TLG KRM KE EMAILKU YACH….. TKS BERAT

  35. Rusli said,

    Juli 9, 2008 at 2:13 am

    mohon dikirimkan RPP matematika SMA kelas X.XI dan XII.Sebelumnya aku ucapkan banyak terima kasih.

  36. ayu said,

    Juli 13, 2008 at 4:31 am

    tolong kirim modul smk teknik
    thanks

  37. maya said,

    Juli 20, 2008 at 5:12 am

    saya butuh RPP matematika SMK bisman tk X, XI. bantuin doooongx… mumet nieh! thnx b4.

  38. NOVIA said,

    Juli 20, 2008 at 8:39 am

    PLEASSSEEEEEE Bagi yang punya RPP Matematika SMP kelas VII kirimin dong ke Email saya ya………..tolong bana yo…… trim’s

  39. afrizal said,

    Juli 21, 2008 at 7:10 am

    bagus, bisa terbantu rekan2 yang lain

  40. rahmat said,

    Juli 21, 2008 at 1:16 pm

    mas saya minta buat kelas XI SMK doank
    thx

  41. Thufeil said,

    Juli 31, 2008 at 11:23 am

    terima kasih RPPnya

  42. bakhtiar said,

    Agustus 3, 2008 at 3:05 am

    terimakasih kiriman rppnya,tahun depan lebih laik lagi yang disertai soal dan kunci jawaban

  43. if said,

    Agustus 15, 2008 at 2:43 am

    Thanks banget dan sangat membantu ….

  44. shabrina said,

    Agustus 19, 2008 at 10:27 am

    tolong kirimin saya soal-soal aljabar kelas 8

  45. BENY SUBIANTORO said,

    Agustus 21, 2008 at 5:39 am

    TOLONG SIAPA JA YANG PUNYA RPP MATEMATIKA KELAS 2 DAN 3 BUAT SMK TEKNOLOGI KIRIMIN DONK?

  46. teni sri m said,

    Agustus 23, 2008 at 10:32 am

    makasih yaaaa……..RPPnya
    minta soal-soal SMK penjualan, kirim ke e-mail ak yaaaaaaaaa….!!!!!!!
    THANKS A LOT………………

  47. Mr. IDNAW said,

    Agustus 28, 2008 at 3:37 pm

    Pak, RPP-nya bagus sekali pak, tapi kepanjangen, lebih baik lain kali kalo buat posting di buat link aja biar pada download aja, apalagi di bagian akhir selalu ada nama kepala sekolah dan gurunya, ini kan menyangkut nama orang lain yang mustinya mungkin tidak perlu ditampilkan, atawa kalawo tidak di link ya diedit dulu (dihilangkan nama orang lain tersebut). Mohon mangap dah, ini cuma saran, kalawo lebih baik biar yang baca juga tidak ndlujur alias bosan kan lebih baik dilink. TQ RPP-nya ya. Teruskan berkarya, jangan surut oleh hinaan/cacian dan tetap berkarya, selamat kepada pak karya. hehehe…

  48. arufa said,

    September 4, 2008 at 2:55 am

    ass…
    tolong kirimin RPP matematika yang kelas IX SMP, lengkap ya..
    thx b4

  49. arufa said,

    September 4, 2008 at 3:11 am

    kok blum ad RPP’y

  50. Syakrirudin said,

    September 4, 2008 at 4:49 am

    Ass. SOBATKU…..JON ROSSY
    Dipagi yang cerah dipengujung bulan syaban,diakhir bulan agustus, mendekati bulan Ramadhan 1429 H, di awal bulan september.Dua hal yang ingin aku ucapkan tuk Sobatku :
    1. MET MILAD(ULTAH ) ke 30 ( 31 Agustus 1978-31 Agustus 2008 )…maaf
    kalo salah tahun..yeee ” Moga dengan umur yang Allah SWT berikan
    menjadikan kamu lebih bermamfaat, baik buat diri sendiri, keluarga,
    agama,and jangan lupa juga buat sobatmu ini.
    ” Sebaik-baiknya manusia adalah yang memperhatikan bekalnya untuk
    hari esok “( Hari akhir )
    2. MET menunaikan Ibadah puasa 1429 H
    ” Jadikan Ramadhan kali ini lebih bermakna “Smoga mendapatkan
    preidikat taqwa, dengan peduli pada sesama ” RAMADHAN BULAN IMAN
    SAATNYA RAIH KEMENANGAN ”
    Pesan Sponsor : Kapan silaturahim and kapan kita makan bareng atau
    gimana buka puasa bareng aja kali yehh

  51. Icha said,

    September 5, 2008 at 7:26 am

    ass, tolong kirimkan RPP matematika kelas 2 dan 3 untuk smk teknologi dong. Please……… Terima kasih ya sebelumnya!

  52. khofid said,

    September 17, 2008 at 2:14 am

    kirimi donk rpp XII,trim’s

  53. Fitri At_Tabalwar said,

    November 24, 2008 at 6:45 am

    Asslkm!
    tolong donk kirimin skripsi matematika ke email q. makasih ya!

  54. Ahmad Fauzi,S.Pd said,

    November 28, 2008 at 10:24 pm

    Pak, RPP anda masih mengkhawatirkan untuk pembelajaran inovatif. Tolong RPP itu memberikan skenario yang jelas tentang kegiatan anda, bukan abal – abalan. Trims

  55. mahmud said,

    Desember 9, 2008 at 5:28 am

    tolog kirimin gw judul skripsi dong.gw bingung abisnya g da buku panduan

  56. Syukur Gulo said,

    Desember 9, 2008 at 9:06 am

    tolong ya, sapa yang punya RPP kelas 7 dan kelas 8 SMP, ok tx

  57. tri hapsari utami said,

    Desember 11, 2008 at 2:45 am

    Apakah bapak sudah membuat RPP yang memenuhi standar proses yang dikeluarkan pemerintah

    • Februari 4, 2011 at 3:24 pm

      tolang bantu krm RPP MATEMATIKA TINGKAT SMP KELAS VIII..

      atas bantuan-a saya ucapkan terima kasih…..ttd andista khairuddin from aceh.

  58. Radjudin said,

    Januari 1, 2009 at 12:57 pm

    pak kalau ada RPP dan modul untuk teknik pendingin dan tata udara, boleh informasinya ke email saya donk… dien_abdillah@yahoo.com atau ke Hp 085220066801. terimakasih sebelumnya…!!

  59. setiono said,

    Januari 1, 2009 at 4:41 pm

    happy ner year 2009,

    semoga di tahun baru ini, kita diberikan panjang umur and sehat-sehat slalu oleh Yang Kuasa,amiin.
    pak, punteun umpani tiasa mah rpp na diedit heula, pan iyeu teh di baca ku pamirsa sadaya.
    hatur nuhun pisan,
    daun salam dari kota bintan
    salam ti urang banten

  60. tanti said,

    Januari 2, 2009 at 4:52 am

    kirim juga dong silabus n rpp matematika kls 7,8,9.albab010177@plasa.com

  61. tanti said,

    Januari 2, 2009 at 4:57 am

    trims sebelumnya.moga kebaikannya dibalas yang Maha kuasa dgn kebaikan yg berlipat ganda.Amin.

  62. Lasiman said,

    Januari 7, 2009 at 3:30 am

    Tolong kirim RPP Bekerja sama dengan kolega dan pelanggan smk kelas 1dan rpp ekonomi kelas 3.Sebelumnya terima kasih.

  63. kusmiadi said,

    Januari 10, 2009 at 1:09 am

    makasih ya…………. atas infomya

  64. Rochimi said,

    Januari 10, 2009 at 3:39 pm

    minta tolong dong kirimi saya Rpp matriks untuk smk kls X teknologi,kirim ke E-mail saya http://www.Rochim_m@yahoo.com makasih buat yang membantu saya!

  65. vivi said,

    Januari 16, 2009 at 6:20 am

    tolong donk kirimin soal-soal logaritma smp kelas IX ( kelas 3 smp )

    kalo ada tolong juga kirimin soal-soal unas sd, smp dan smu jurusan ips

    terima kasih banyak

  66. joko santoso said,

    Januari 26, 2009 at 12:55 am

    Pak mohon kalau ada rpp mat dan silabus terbaru pariwisata

  67. Tatang Sukanta said,

    Januari 28, 2009 at 7:14 am

    kirimin RPPnya dong

  68. Hj.Agustin said,

    Januari 30, 2009 at 2:02 pm

    Mas … kalau RPP Klas X semester 2 sudah buat belum ? Bagi dong ..
    Salam

  69. Mitra Fitria said,

    Februari 9, 2009 at 7:02 am

    mas makasi ya…

  70. dinna said,

    Maret 17, 2009 at 5:59 am

    Apakah RPP Matematika kls X jurusan pariwisata sama dengan RPP jurusan bismen ? saya butuh RPP Matematika kls X jur pariwisata ya.. klo ada kirim ke email saya ya.. dinna_daniati@yahoo.co.id terima kasih banyak sebelumnya !

  71. Sri Wahyuni said,

    April 4, 2009 at 12:59 pm

    tolong donk kirimin RPP tematik SD kelas 2………………! pleeeeeeeeeeees ya……… klo bisa kirim langsung ke emailku. thank so mauch

  72. netty said,

    April 8, 2009 at 5:41 pm

    waduh makasi buaaaaangat

  73. isma said,

    April 22, 2009 at 1:27 am

    makasih ya ilmunya…

  74. reny oktavia said,

    April 30, 2009 at 6:09 am

    thanks banget untuk infonya…….orang yg senang berbagi akan panjang umur :)

  75. nan said,

    Mei 5, 2009 at 1:01 pm

    kalau bikin rpp itu yang jelas jangan asal asalan
    rpp anda tidak memenuhi standar

  76. HADIATNA said,

    Mei 6, 2009 at 5:12 am

    TERIMA KASIH, TETAPI MINTA YANG LENGKAP YA PAK BIAR GA SETENGAH-SETENGAH BUAT AMALNYA

  77. rista heldina said,

    Mei 11, 2009 at 6:46 am

    rpp yang lengkap, tap aku lagi butuh rpp irisan kerucut dan dimensi tiga smu……boleh dikirimain gak?

  78. fuad zulkifli said,

    Mei 23, 2009 at 9:01 am

    assalamu’alaikum
    maaf pak / bu tolong kirimkan ke E-mail saya Rpp smk teknik dari kelas X, XI dan XII. terima kasih
    Wassalamu’alaikum

  79. muliana said,

    Mei 26, 2009 at 3:27 am

    tolomg rpp stm klas XI dan XII donk
    makasih

  80. ayoe said,

    Mei 30, 2009 at 6:46 am

    terima kasih atas ilmu dan informasinya

  81. dede sulaeman said,

    Mei 30, 2009 at 1:10 pm

    Mas salam kenal sebelumnya. saya mau minta tolong RPP matematik kelas 7 doang! makasih mas.

  82. Evi said,

    Juni 7, 2009 at 8:51 am

    punten mas rppnya dicopy buat bahan acuan jazakumullah …

  83. carles sinurat said,

    Juni 19, 2009 at 5:06 am

    kok gitu rppnya,tlg dijelaskan lebih detail lagi

  84. Putri Anastasia said,

    Juni 22, 2009 at 2:11 pm

    tolong tentang materi yang akan diberikan juga ditampilkan,Thanks

  85. SIHOL said,

    Juni 27, 2009 at 3:06 am

    tlg dikirimkan rpp matematika smk teknologi.
    krn sulit sekali mencari rpp smk

  86. ismail lassa said,

    Juli 13, 2009 at 1:36 pm

    tlg dikirimkan silabus dan rpp matematika smk teknologi kelas 3 k-emailq.
    aku mhon sekali bantuanta………..terima kasih bxk sebelunya….salam.

  87. Arif said,

    Juli 15, 2009 at 6:49 am

    Trims, smg bermanfaat. Ane minta RPP Mat SMK Pertanian dong

  88. Andri Irawan said,

    Juli 18, 2009 at 9:28 am

    terimakasih atas tersedianya RPP ini, semoga bisa digunakan dan diaplikasikan di sekolah-sekolah lain. Khususnya SMK umumnya SMA dan sederajat.

  89. andarahman said,

    Juli 20, 2009 at 2:03 pm

    ASSALAMUALIKUM, TRIMS MAS

  90. asp said,

    Juli 28, 2009 at 8:17 am

    terima kasih mas, dengan tesedianya rpp ini sangat membantu sekali. kalau ada rpp untuk kelas XI dan XII smk teknologi tolong dikirim lewat email.

  91. ENDRA said,

    Juli 29, 2009 at 5:33 pm

    Tolong bagi ilmunya……

  92. farida said,

    September 28, 2009 at 1:31 pm

    assalamu’alaikum…
    makasih infonya ttg rpp…smoga bsa brbagi ilmu yg laen…
    klo bisa sy mnta tlong kirim rpp smk tekin kelas x,xi dan xii
    makasih sbelumnya…

  93. nurul hafizah said,

    September 29, 2009 at 10:29 am

    TLG DONG RPP MATX UNTUK SMK INDUSTRI KELAS XI DAN XII. thx before

    • kojexxx said,

      Februari 4, 2010 at 4:43 am

      jalukan temen jon……………. !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!??????.

  94. agus soleh said,

    Oktober 1, 2009 at 5:53 am

    Bagus, juga tapi perlu perbaikan lagi agar lebih baik… !

  95. imut said,

    Oktober 6, 2009 at 3:38 am

    tolong berikan Contoh Rpp matematika SMP semester 1,thx

  96. hetty said,

    Oktober 10, 2009 at 8:45 am

    morning….
    pak pliss donk kirimkan deskripsi untuk silabusnya math smp…????????
    thanks

  97. ina said,

    Oktober 20, 2009 at 12:51 pm

    terima kasih RPP nya, ini akan sangat membantu dalam tugas

  98. Abin said,

    November 2, 2009 at 11:58 pm

    bagus

  99. andari said,

    November 4, 2009 at 8:42 am

    makacih z RPP ne membantu aku nyelesain tugas MKPBM

  100. syahrul said,

    November 18, 2009 at 3:58 am

    ass…….

    mas mav tlong krim soal ujian thun ni ya???? thanks ya

  101. SUPATMI SYAH YONO said,

    November 26, 2009 at 12:16 pm

    Saya sebagai seorang pengajar sangat senang dapat menemukan situs ini diinternel sebab seprang pengajar tak lepas dari apa itu yang disebut RPP. Apapun kegiatannya LARINYA TETAP PADA RPP

  102. Ika Wahyuni said,

    Desember 18, 2009 at 12:25 pm

    Aslkm…
    Terima kasih ya atas rpp_nya, afwan jika tidak diperkenankan mengcopynya, semoga ini menjadi tambahan wawasan buat saya dan semua.. Peace… :-)

  103. Intan Ayu Permatasari said,

    Desember 27, 2009 at 10:51 am

    tolong kirimkan saya rpp matematika tehnik untuk kelas 3 smk semester 5 dan 6

  104. ayu said,

    Januari 3, 2010 at 9:01 am

    tolong kirimi saya rpp matematika smp/sma dengan menggunakan dua model pembelajaran

  105. hapy said,

    Januari 7, 2010 at 2:04 am

    tolong kirimi saya rpp matematika smk dengan beberapa macam model pembelajaran yang cepat dan mudah dimengerti

  106. aan said,

    Januari 9, 2010 at 7:58 am

    tolong kirimkan rpp matematika dan ipa smp kelas 7 dan 8

  107. aan said,

    Januari 9, 2010 at 7:59 am

    rpp mat dan ipa smp kelas 7 dan 8

  108. NITA said,

    Januari 10, 2010 at 7:59 am

    terima kasih untuk tulisan saudara ini sehingga saya bs belajar membuat Rpp,,,,
    pening boss!!!!!

  109. NITA said,

    Januari 10, 2010 at 8:01 am

    makasih yah, boleh kan panggil ayah? untuk tulisannya jd saya bs buat RPP

  110. SUPATMI SYAH YONO said,

    Januari 21, 2010 at 2:57 pm

    kalau boleh tolong dong kirimi saya model pembelajaran yang simple untuk mata pelajaran mat, trima kasih……….

  111. anggi said,

    Februari 15, 2010 at 3:42 pm

    salam…
    akhirnya ketemu juga contoh rpp tentang logika..
    izin copas ya pak dan terima kasih…

    salam anggi maulana

  112. junaedi said,

    Februari 16, 2010 at 8:13 am

    trims. ya. saya jadi punya banyak refrensi sehingga persiapan saya mau ngajar jadi lebih baik.

  113. Muhammad darkasyi said,

    Februari 22, 2010 at 10:10 am

    tolong kirim RPP Matematika kelas 3IPA semester II ya,, pleas baget.. dechh.. kaloe g gue dipecat dari sekolah

  114. Imelda Lily said,

    Maret 2, 2010 at 12:30 am

    Tolong dong… kirimin RPP Matematika SMA kelas 2 IPA

  115. indah said,

    Maret 11, 2010 at 1:25 am

    saya boleh minta RPP kelas XI IPS semester 1?? tolong kirim keemail saya.
    terima kasih

  116. Ana said,

    Maret 11, 2010 at 1:30 am

    asalam
    mohon bantuannya
    saya boleh minta RPP Matematika kelas X IPA semester 2 tentang Geometri makasih?? tolong kirim keemail saya. rere_02@yahoo.co.id
    terima kasih

  117. iTa said,

    Maret 11, 2010 at 8:02 am

    mnta soal2 prediksi UN untk SMK Bisnis dan manajemen matematika la…
    mohon bntuan nyaaaaa…
    saya udh mencoba mencari soal2 prediksi UN..tp gak bisa di download..
    tlg kirim kan lah..
    mEiQi_Qiang@yahoo.com

  118. Indarwati Budianto said,

    Maret 14, 2010 at 3:33 am

    tolong dunx kalu ada yang punya silabus SMK non teknik.dah berx x cari d intenet gak nemu-nemu

  119. ristiana said,

    Maret 17, 2010 at 1:45 am

    saya sedang kesusahan untuk mencari silabus dan alokasi waktu untuk pelajaran MATEMATIKA SMK Teknik Informatika Kelas XII.
    mohon bantuannya

  120. eli said,

    Maret 24, 2010 at 6:08 am

    ayah…tolong kirimin RPP matematika STM kelas x semester 2 dong..???

    Buat tugas kuliah…!!!…ke e-mail: eli.marlina@rocketmail.com

  121. anisa said,

    April 1, 2010 at 6:00 am

    berguna buangettt

  122. heralius coco said,

    April 13, 2010 at 5:21 pm

    tolong donk kirimin rpp matematika kelas 4 semester 1 dan 2… MAkasih. kirimin ke email : heralius.coco@gmail.com

  123. Marlon Napitupulu said,

    Mei 4, 2010 at 12:25 am

    Salam sahabat, tolong kirim dong RPP Mat SMK TEknik kelas 10-12. Tanks

  124. adi marta said,

    Mei 28, 2010 at 4:06 pm

    tolong kirim silabus , program dan RPP matematika kelas 4 dan RPP, program bahsa Indonesia Kelas 4

  125. waty said,

    Juni 4, 2010 at 8:22 am

    pengumuman bagi yang punya silabus dan RPP matematika untuk smk tolong kirim ke alamat mail sy. ni alamatnya waty_sutrisna@yahoo.com

  126. mei said,

    Juni 7, 2010 at 11:40 am

    boleh donk minta rpp smk kls x, XI, XII, kirim k email melinputri@gmail.com mkasih ya…

  127. Desy said,

    Juni 11, 2010 at 12:58 pm

    boleh minta rpp dan silabus matematika smk jurusan administrasi perkantoran,penjualan dan pariwisata untuk kelas X dan XI

  128. bermindo said,

    Juni 17, 2010 at 2:25 am

    minta Tolong kirim RPP,materi linier matematika kelas x dan soal latihan beserta jawabannya, klo bisa 21 lembar !!! pleas !!!

  129. Juli 9, 2010 at 6:45 am

    Bagi yang udah dapat rpp kls XII matematika SMK TEKNOLOGI, Please kirimin dong!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Udah Puyeng nich…………..

  130. Juli 9, 2010 at 2:34 pm

    bagi siapa aja yang ada modul dan rpp matematik smk kls XII tolong kirimkan dong … thanks be4

  131. wahyu t said,

    Juli 19, 2010 at 6:23 am

    buat smua, modul n rpp adalh tugas seorang guru so sebaiknya dibuat sendiri dengan tujuan apa yang dibuat sesuai dengan kondisi siswa di sekolah anda. boleh lah klo mo nyonto tempat laen tapi saya sarankan sebagai referensi aja. di skul saya rpp nya lebih komplit, contoh saja tujuan pembelajaran itu harus di jabarkan dalam tiap pertemuan, misal dalam 1 rpp menghendaki sampai 5 kali pertemuan maka tujuan pembelajarannya jga harus dalam 5 kali pertemuan, kemudian untuk kegiatan pembelajarannya juga harus dijabarkan dalam setiap pertemuan, pada kegiatan inti harus terdapat kegiatan eksplorasi,elaborasi, dan konfirmasi. itu adalah minimal di rpp yang harus ada dan dicantumkan….sukses buat semuanya….

  132. wahyu t said,

    Juli 19, 2010 at 6:27 am

    gampang kok buat rpp… asalkan sabar dan berfikir inovatif….masak guru gak bisa buat rpp…. sukses ya….

  133. dedy said,

    Juli 24, 2010 at 1:50 pm

    thanks atas rpp nya, ijin copy dan paste ya..
    mudahan dengan membantu kami, anda juga dibantu oleh yang maha kuasa amin

  134. Jabon said,

    Juli 26, 2010 at 7:40 am

    wah saya lebih suka inggris … namun saya bertekat untuk biosa matematika

  135. Jabon said,

    Juli 26, 2010 at 7:41 am

    oh ya saya harap saya bisa menemukan hal yang baru di saini terimakasih

  136. Syaiful anwar said,

    Agustus 1, 2010 at 11:42 am

    Ada gak mas materi pembelajaran menggunakan Ms.power poin? Kalau ada kirim dong ke email saya.Thanks.(Matematika SMA XI dan XII IPA)

  137. tuti amyuni said,

    Agustus 4, 2010 at 1:16 pm

    Mintak tolong dong, RPP MATEMATIKA SMK pertanian kelas XI dan XII…… Makasih sebelumnya….

  138. tuti amyuni said,

    Agustus 4, 2010 at 1:18 pm

    klo mada tolong dikirim ke E-Mail saya ya mas…..

  139. ning said,

    Agustus 8, 2010 at 12:48 pm

    Tolong dong RPP Matematika teknik kelas XI

  140. Rifahana Yoga said,

    September 5, 2010 at 10:24 pm

    Subhanallah ni yang ane cari….
    sebagai guru yang baru mengajar di SMK tentu perlu bimbingan n ll, so Ane butuh perangkat adm pembelajaran SMK Teknik, mulai dari kelas X-XII, jika nya berkenan untuk mengirimkannya ke email ku.
    thank… hatur nuhun ah..

  141. Parulian Manik said,

    September 17, 2010 at 6:32 am

    Thanks Pak RPP nya, bagus sekali

  142. windy said,

    September 17, 2010 at 6:52 am

    kirimin rpp sma klas x k mail sya pak. ditunggu segera

  143. Rifahana Yoga said,

    September 17, 2010 at 2:56 pm

    thank’s pa…
    ada perangkat lainnya, ga? hehee
    prota, promes, KKM, nll.

  144. Haulany said,

    Oktober 17, 2010 at 4:06 am

    Siapa yg punya RPP untuk kls 6 SD??? klo ada kirim ke e-mailku: haulany.joon@yahoo.com
    THANKS

  145. risnawati said,

    November 11, 2010 at 5:42 am

    tolong bagi yg punya RPP matematika SMP kelas VII kirim ke e-mailku: risnaromi@yahoo.com

  146. yuna said,

    November 12, 2010 at 8:10 am

    tlg dong krmin RPP mtk kls IIV thn ajaran 2010-2011…..
    tq y sblmnya…

  147. janter said,

    Desember 4, 2010 at 7:32 am

    tolong dikirimkan rpp matematika kelas xii jurusan tkj

  148. tutyrosfiartie said,

    Desember 26, 2010 at 4:01 am

    tolong dikirmkan rpp dan modul..prolin,,relasi fungsi,,geometri dimensi II dan III untuk SMK bisnis dan manajemen dunk….thanks before….

  149. tutyrosfiartie said,

    Desember 26, 2010 at 4:04 am

    oya..tlg kirim ke email ku pak…tsabqi@yahoo.co.id……….thanks again….

  150. WAWAN said,

    Februari 4, 2011 at 12:22 am

    kirimi saya RPP SMP kelas 2 semester 2 yang menggunakan investigasi kelompok

  151. WAWAN said,

    Februari 4, 2011 at 12:24 am

    kirimi saya RPP matematika SMP kelas 2 semester 2 yang menggunakan investigasi kelompok

  152. yunita sari said,

    Februari 21, 2011 at 3:33 am

    hy smua,,,,,,,,,,,,,,,,
    sya minta tolong ya,klau ada yg punya rpp smk bisnis manajemen kelas 2 dan 3,tlng kirim ya,karna sya sangt membutuhkan’ya,,,,,,,,,,,,,,,,,!!!

    kirm aj ke email sya ya,,,,,,,,,,,,,,!!!

  153. yunita sari said,

    Februari 21, 2011 at 3:35 am

    hy sya minta tlng ya rpp SMK bisnis manajemen kelas 2 dan 3 yg matematika’ya ya………………….!!!

  154. Februari 25, 2011 at 1:42 am

    saya sebagai pecinta matematika mengharapkan bantuan ama teman-teman yang mempunyai rrp lengkap khusus untuk jenis rpp spektrum yang terbaru, mohon bantuan ta. thank friends

  155. rahmat dayat said,

    April 30, 2011 at 3:07 am

    tlong contoh skripsi matematika bilangan real bilangan irasional untuk sd kelas sd

  156. April 30, 2011 at 7:49 pm

    Siapa saja yg punya Silabus dan RPP Matematika Kelas XII IPA, IPS, dan Bahasa..??? tlong kirimkan ke E-mail saya ya…! Tlong dibantu ya..!!!

  157. kukuh budiharso said,

    Juni 20, 2011 at 4:14 am

    bagus rppnya. salam kenal dari http://budiharso.wordpress.com

  158. tiwi said,

    Juli 10, 2011 at 11:53 am

    Tolong dong kirimin RPP matematika yang metode pembelajarannya dengan menggunakan alat peraga puzzle kuadratik trinomial, kirim ke email gw tiwigirlici@ymail.com
    tengkyu yahh :)

  159. Tunas Arapen said,

    Agustus 2, 2011 at 2:43 pm

    makasih semua atas semuanya, smoga berhasil

  160. Budi Sahat Manurung said,

    September 25, 2011 at 3:55 pm

    Tolonglah dikirim ke email saya rpp matematika smp lengkap ya pak, mulai kelas VII, VIII dan IX makasih banyak sebelumnya

  161. rullz008 said,

    Oktober 30, 2011 at 6:05 am

    aku mau tau cara hitung volume pohon kelapa,,
    gmn cra.y???

  162. muliana said,

    Desember 25, 2011 at 12:35 am

    knp g’ ada yg pertemuan 2×45 menit u/ semester 2?

  163. wa Ode Nurhayati said,

    Januari 1, 2012 at 4:08 pm

    Tolong yach kirimkan contoh program tahunan matematika smp

  164. Januari 4, 2012 at 7:11 am

    Perangkat pembelajaran ini sangat bermanfaat dan dapat membantu guru dalam menyusun strategi pembelajaran. Terima kasih ya, sesuatu banget..

  165. tri utami said,

    Januari 5, 2012 at 9:25 am

    tolong aku di kasih tahu tentang materi matrik kelas X SMK semester 2

  166. pujihari wulyanto said,

    Februari 6, 2012 at 2:53 am

    tolong dikirim ke imailku rpp mat kls 8 dan 9

  167. Februari 13, 2012 at 2:57 am

    terima kasih pak. Rpp ini saya gunakan bahan referensi saya.
    smoga sukses!!!

  168. ruberto said,

    Maret 1, 2012 at 9:10 am

    terima kasih ya…!!!!

  169. kamsir said,

    Maret 5, 2012 at 2:31 pm

    saya berharap moga di sini bisa menemukan hal yang baru……
    amin……….

  170. siti masturoh said,

    April 2, 2012 at 11:04 am

    TRIMS, apa gak terlalu singkat? lebih baik kalau materi juga ada kan sekarang sudah mulai digalakkkan RPP berkarakter?

  171. Juni 22, 2012 at 10:28 am

    admin saya minta kirimkan RPP berkarakter matematika teknik KELAS X, XI,XII. Alamat email : butocakil2008@hotmail.com

  172. wike andriani said,

    Agustus 25, 2012 at 1:41 am

    pak,saya minta kirimkan RPP berkarakter matematika teknik kls XI, XII. alamat email : wikeandriani@rocketmail.com

  173. Agustus 31, 2014 at 5:07 pm

    […] parjono.wordpress.com […]

  174. gabriel said,

    November 3, 2014 at 1:44 am

    kalau bisa kirimkan aku RPP investigasi kelompok kelas XII materi Program linier di email :botakgabriel@yahoo.co.id..thanks sbelumnya


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 41 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: