RPP MATEMATIKA

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 1 – 5

Alokasi                    : 10 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan real   

Kompetensi Dasar     : Menerapkan operasi pada bilangan real

•A.            Indikator

  • 1. Dua atau lebih bilangan bulat dioperasikan ( dijumlah, dikurang, dikali, dibagi ) sesuai dengan prosedur
  • 2. Dua atau lebih bilangan pecahan, dioperasikan ( dijumlah, dikurang, dikali, dibagi ) sesuai dengan prosedur
  • 3. Bilangan pecahan dikonversi ke bentuk persen, atau pecahan, desimal, sesuai prosedur
  • 4. Konsep perbandingan ( senilai dan berbalik nilai ), skala, dan persen digunakan dalam penyelesaian masalah program keahlian

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat mengoperasikan bilangan bulat
  • 2. Siswa dapat mengkonversikan pecahan kedesimal atau sebaliknya
  • 3. Siswa dapat menyelesiakan masalah pada program keahlian

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Konsep bilangan berpangkat dan sifat-sifatnya
  • 2. Operasi pada bilangan berpangkat
  • 3. Penyederhanaan bilangan berpangkat

•D.            Metode Pengajaran    

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran          

  • 1. Kegiatan awal : Memberikan pengantar tentang bilangan real dan jenis-jenis bilangan.
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan serta menjelaskan tentang operasi dan konversi pada bilangan Real.
  • 3. Kagitan Akhir : Memberi latihan tentang operasi dan konvesi bilangan real.

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul Bilangan Riil
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

  • 1. Kuis
  • 2. Tes lisan
  • 3. Tes tulis
  • 4. Pengamatan dan penugasan

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

      

         

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 6 – 10

Alokasi                    : 10 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan real   

Kompetensi Dasar     : Menerapkan operasi pada bilangan berpangkat

•A.            Indikator

  • 5. Bilangan berpangkat dioperasikan sesuai dengan sifat-sifatnya
  • 6. Bilangan berpangkat disederhanakan atau ditentukan nilainya dengan menggunakan sifat-sifat bilangan berpangkat
  • 7. Konsep bilangan berpangkat diterapkan pada penyelesaian masalah

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat mengoperasikan bilangan berpangkat
  • 2. Siswa dapat menyederhanakan bilangan berpangkat
  • 3. Siswa dapat menyelesaiakan persamaan bilangan berpangkat

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Konsep bilangan berpangkat dan sifat-sifatnya
  • 2. Operasi pada bilangan berpangkat
  • 3. Penyederhanaan bilangan berpangkat

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Mengenalkan dan menerangkan operasi bilangan berpangkat
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan Konsep bilangan berpangkat, sifat-sifat dan operasi bilangan berpangkat
  • 3. Kagitan Akhir : Memberikan lathan yang menyangkut bilangan berpangkat, sifat-sifat dan operasi

         bilangan berpangkat

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul Bilangan Riil
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

1. Kuis

2. Tes lisan

3. Tes tulis

4. Pengamatan dan penugasan        

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

      

         

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 11 – 14

Alokasi                    : 8 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan real   

Kompetensi Dasar     : Menerapkan operasi pada bilangan bentuk akar

•A.            Indikator

  • 1. Bilangan bentuk akar dioperasikan sesuai dengan sifat-sifatnya
  • 2. Bilangan bentuk akar disederhanakan atau ditentukan nilainya dengan menggunakan sifat-sifat bentuk akar
  • 3. Konsep bilangan irasional diterapkan dalam penyelesaian masalah

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat menyederhanakan bilangan bentuk akar
  • 2. Siswa dapat menentukan nilai bilangan bentuk akar
  • 3. Siswa dapat menerapkan konsep bilangan irasional bentuk akar dalam penyelesaian masalah

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Konsep bilangan berpangkat dan sifat-sifatnya
  • 2. Operasi pada bilangan berpangkat
  • 3. Penyederhanaan bilangan berpangkat

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran 

  • 1. Kegiatan awal : Mengenalkan dan memberikan pengantar tentang bilangan irasional
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan Konsep bentuk akar, sifat-sifat dan operasi pada bilangan bentuk akar
  • 3. Kagitan Akhir : Memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul Bilangan Riil
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

1. Kuis

2. Tes lisan

3. Tes tulis

4. Pengamatan dan penugasan        

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematiaka

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 15 – 18

Alokasi                    : 8 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan riil     

Kompetensi Dasar     : Menerapkan konsep logaritma

•A.            Indikator

  • 1. Operasi logaritma diselesaikan sesuai dengan sifat-sifatnya
  • 2. Soal-soal logaritma diselesaikan dengan menggunakan tabel dan tanpa tabel
  • 3. Permasalahan program keahlian diselesaikan dengan menggunakan logaritma

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat logaritma
  • 2. Siswa dapat menggunakan table logaritma
  • 3. Siswa dapat mengaplikasikan logaritma pada bidang keahlian

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Konsep logaritma
  • 2. Sifat-sifat logaritma
  • 3. Operasi pada logaritma

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR sebelumnya dan memberikan pengantar tentang logaritma
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan Konsep, sifat-sifat dan operasi logaritma serta penggunaan table logaritma
  • 3. Kagitan Akhir : Memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul Bilangan Riil
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

1. Kuis

2. Tes lisan

3. Tes tulis

4. Pengamatan dan penugasan 

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 19 – 23

Alokasi                    : 10 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep aproksimasi kesalahan 

Kompetensi Dasar     : Menerapkan konsep kesalahan pengukuran

•A.            Indikator

  • 1. Hasil membilang dan mengukur dibedakan berdasar pengertiannya
  • 2. Hasil pengukuran ditentukan salah mutlak dan salah relatifnya
  • 3. Persentase kesalahan dihitung berdasar hasil pengukurannya
  • 4. Toleransi pengukuran dihitung berdasarkan hasil pengukurannya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat mengukur dan membilang sesuai pengertiannya
  • 2. Siswa dapat menentukan kesalahan mutlak dan kesalahan relatif dalam suatu pengukuran
  • 3. Siswa dapat menghitung pertsentase kesalahan dalam pengukuran dan toleransinya

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Konsep Pengukuran
  • 2. Kesalahan dalam pengukuran dan persentase kesalahannya
  • 3. Toleransi dalam pengukuran

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang mengukur dan membilang
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan konsep pengukuran dan kesalahan dalam pengukuran
  • 3. Kagitan Akhir : Memberikan beberapa latihan tentang pengukuran dan kesalahan dalam pengukuran

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul Bilangan Riil
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

1. Kuis

2. Tes lisan

3. Tes tulis

4.  Pengamatan dan penugasan

   

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 24 – 27

Alokasi                    : 8 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep aproksimasi kesalahan 

Kompetensi Dasar     : Menerapkan konsep operasi hasil pengukuran

•A.            Indikator

  • 1. Jumlah dan selisih hasil pengukuran dihitung untuk menentukan hasil maksimum dan hasil minimumnya
  • 2. Hasil kali pengukuran dihitung untuk menentukan hasil maksimum dan hasil minimumnya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat menghitung atau menentukan jumlah maksimum dan minimum karena kesalahan pengukuran
  • 2. Siswa dapat menghitung atau menentukan selisih maksimum dan minimum karena kesalahan pengukuran
  • 3. Siswa dapat menghitung atau menentukan hasil kali maksimum dan minimum karena kesalahan pengukuran
  • 4. Siswa dapat menerapkan konsep aproksimasi kesalahan pengukuran pada bidang keahlian

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Jumlah maksimum dan minimum pada hasil pengukuran
  • 2. Selisih maksimum dan minimum pada hasil pengukuran
  • 3. Hasil kali maksimum dan minimum pada hasil pengukuran

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Memberikan penjelasan kembali tentang salah mutlak
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan Jumlah, selisih dan hasil kali dari beberapa hasil pengukuran
  • 3. Kagitan Akhir : memberikan latihan soal serta memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul Aproksimasi Kesalahan
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

  • 1. Kuis
  • 2. Tes lisan
  • 3. Tes tulis
  • 4. Pengamatan dan penugasan

   

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 28 – 30

Alokasi                    : 6 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat          

Kompetensi Dasar     : Menentukan Himpunan Penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier

•A.            Indikator

  • 5. Persamaan linier satu variabel ditentukan himpunan penyelesaiannya
  • 6. Pertidaksamaan linier satu variabel ditentukan himpunan penyelesaiannya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian persamaan linier satu variabel
  • 2. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan linier satu variabel

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Persamaan linier satu dan dua variabel
  • 2. Pertidaksamaan linier satu variabel

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang persamaan dan pertidaksamaan
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan cara menentukan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier
  • 3. Kagitan Akhir : Memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul Persamaan dan Pertidaksamaan
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

  • 1. Kuis
  • 2. Tes lisan
  • 3. Tes tulis
  • 4. Pengamatan dan penugasan

   

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 31 – 34

Alokasi                    : 8 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat          

Kompetensi Dasar     : Menentukan Himpunan Penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

•A.            Indikator

  • 1. Persamaan kuadrat ditentukan himpunan penyelesaiannya
  • 2. Pertidaksamaan kuadrat ditentukan himpunan penyelesaiannya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian persamaan kuadrat
  • 2. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat

•C.            Materi Pelajaran

  • 5. Persamaan kuadrat
  • 6. Pertidaksamaan kuadrat
  • 7. Akar-akar persamaan kuadrat berikut sifat-sifatnya
  • 8.

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan cara menentukan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
  • 3. Kagitan Akhir : Memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul Persamaan dan Pertidaksamaan
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

  • 1. Kuis
  • 2. Tes lisan
  • 3. Tes tulis
  • 4. Pengamatan dan penugasan

   

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

                                                                       

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 35 – 38

Alokasi                    : 8 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat          

Kompetensi Dasar     : Menerapkan konsep persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

•A.            Indikator

  • 5. Persamaan kuadrat disusun berdasarkan akar-akar yang diketahui
  • 6. Persamaan kuadrat baru disusun berdasarkan akar-akar persamaan kuadrat lain
  • 7. Persamaan dan pertidaksamaan kuadrat diterapkan dalam menyelesaikan masalah program keahlian

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat menentukan persamaan kuadrat yang diketahui akar-akarnya
  • 2. Siswa dapat menentukan persamaan kuadrat yang memiliki hubungan dengan persamaan kuadrat lain
  • 3. Siswa dapat menerapkan persamaan dan pertidaksamaan pada bidang keahlian

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Penyusunan persamaan kuadrat
  • 2. Penerapan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat pada bidang keahlian

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan menjelaskan kembali tentang akar-akar persamaan kuadrat
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan cara menyusun persamaan kuadrat
  • 3. Kagitan Akhir : Memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul Persamaan dan Pertidaksamaan
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

  • 1. Kuis
  • 2. Tes lisan
  • 3. Tes tulis
  • 4. Pengamatan dan penugasan

   

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 39 – 43

Alokasi                    : 10 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat          

Kompetensi Dasar     : Menyelesaikan Sistem Persamaan

•A.            Indikator

  • 5. Sistem Persamaan linier dua variabel ditentukan himpunan penyelesaiannya
  • 6. Sistem Persamaan linier tiga variabel ditentukan himpunan penyelesaiannya
  • 7. Sistem Persamaan dua variabel satu linier dan satu kuadrat ditentukan himpunan penyelesaiannya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel
  • 2. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan linier tiga variabel
  • 3. Siswa dapat menerapkan himpunan penyelesaian sistem persamaan satu linier dan satu kuadrat

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Sistem Persamaan linier dua variabel dan tiga variabel
  • 2. Sistem Persamaan linier dua variabel, satu linier dan satu kuadrat

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan menjelaskan kembali tentang persamaan linier dan kuadrat
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan cara mendapatkan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan
  • 3. Kagitan Akhir : Memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul Persamaan dan Pertidaksamaan
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

  • 1. Kuis
  • 2. Tes lisan
  • 3. Tes tulis
  • 4. Pengamatan dan penugasan

   

          Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 44 – 50

Alokasi                    : 14 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks

Kompetensi Dasar     : Mendeskripsikan macam-macam matriks

•A.            Indikator

  • 1. Matriks ditentukan unsur, notasi dan transposnya
  • 2. Elemen matriks ditentukan berdasarkan kesamaan dua matriks
  • 3. Matriks dibedakan menurut jenis dan relasinya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 5. Siswa dapat menentukan ordo dan transpos matriks
  • 6. Siswa dapat menyelesaikan kesamaan dua matriks
  • 7. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis matriks

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Unsur-unsur matriks, orrdo matriks, transpos matriks dan jenis-jenis mattriks
  • 2. Kesamaan dua matriks
  • 3.

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang konsep matriks
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan ordo, transpose, jenis-jenis matriks dan kesamaan dua mtriks
  • 3. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul tentang Matriks
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

  • 1. Kuis
  • 2. Tes lisan
  • 3. Tes tulis
  • 4. Pengamatan dan penugasan

   

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 51 – 57

Alokasi                    : 14 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks

Kompetensi Dasar     : Mendeskripsikan macam-macam matriks

•A.            Indikator

  • 5. Dua Matriks atau lebih ditentukan penjumlahan dan pengurangannya
  • 6. Dua Matriks atau lebih ditentukan hasil kalinya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan matriks
  • 2. Siswa dapat mengoperasikan hasil kali skalar dengan matriks
  • 3. Siswa dapat mengoperasikan hasil kali matriks dengan matriks

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Penjumlahan dan Pengurangan matriks
  • 2. Perkalian skalar dengan matriks dan perkalian matriks dengan matriks
  • 3. Kesamaan dua matriks yang mengandung operasi matriks

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang operasi matriks
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan kesamaan dua mtriks
  • 3. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul tentang Matriks
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

  • 1. Kuis
  • 2. Tes lisan
  • 3. Tes tulis
  • 4. Pengamatan dan penugasan

   

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 1

Pertemuan Ke           : 58 – 63

Alokasi                    : 12 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks

Kompetensi Dasar     : Menentukan determinan dan invers matriks

•A.            Indikator

  • 1. Matriks ditentukan determinannya
  • 2. Matriks ditentukan inversnya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 5. Siswa dapat menentukan determinan matriks
  • 6. Siswa dapat menentukan invers matriks
  • 7. Siswa dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel dengan menggunakan matriks

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Determinan dan invers matriks berordo dua
  • 2. Determinan dan invers matriks berordo tiga
  • 3. Penggunaan determinan dan invers matriks pada penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang determinan dan invers matriks
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan determinan, invers matriks dan penyelesaian persamaan dengan matriks
  • 3. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul tentang Matriks
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

  • 1. Kuis
  • 2. Tes lisan
  • 3. Tes tulis
  • 4. Pengamatan dan penugasan

          Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 2

Pertemuan Ke           : 64 – 67

Alokasi                    : 8 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Menyelesaikan masalah program linier      

Kompetensi Dasar     : Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier

•A.            Indikator

  • 5. Pertidaksamaan linier ditentukan daerah penyelesaiannya
  • 6. Sistem pertidaksamaan linier dengan 2 variabel ditentukan daerah penyelesaiannya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat menentukan daerah penyelesaian pertidaksamaan linier
  • 2. Siswa dapat menentukan daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier dua variabel

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Grafik daerah penyelesaian pertidaksamaan linier
  • 2. Grafik daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier dua variabel

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang pertidaksamaan linier
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan cara membuat grafik penyelesaian sistem pertidaksamaan linier 2 variabel
  • 3. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul tentang Program Linier
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

  • 1. Kuis
  • 2. Tes lisan
  • 3. Tes tulis
  • 4. Pengamatan dan penugasan

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 2

Pertemuan Ke           : 68 – 70

Alokasi                    : 6 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Menyelesaikan masalah program linier      

Kompetensi Dasar     : Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier

•A.            Indikator

  • 1. Soal ceritera ( kalimat verbal ) diterjemahkan kedalam kalimat matematika
  • 2. Kalimat matematika ditentukan daerah penyelesaiannya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat mengubah soal cerita ( kalimat verbal ) menjadi kalimat matematika
  • 2. Siswa dapat menentukan daerah penyelesaian dari kalimat matematika

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Model Matematika

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 5. Diskusi
  • 6. Penugasan
  • 7. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang model matematika
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan cara mengubah kalimat verbal menjadi kalimat matematika
  • 3. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul tentang Program Linier
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian

1.  Kuis

2.  Tes lisan

3.  Tes tulis

4.  Pengamatan dan penugasan

   

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester      : X / 2

Pertemuan Ke           : 71 – 73

Alokasi                    : 6 x 45 Menit

Standar Kompetensi  : Menyelesaikan masalah program linier      

Kompetensi Dasar     : Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier

•A.            Indikator

  • 1. Soal ceritera ( kalimat verbal ) diterjemahkan kedalam kalimat matematika
  • 4. Kalimat matematika ditentukan daerah penyelesaiannya

•B.            Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat mengubah soal cerita ( kalimat verbal ) menjadi kalimat matematika
  • 2. Siswa dapat menentukan daerah penyelesaian dari kalimat matematika

•C.            Materi Pelajaran

  • 1. Model Matematika

•D.            Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E.            Langkah Pembelajaran

  • 5. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang model matematika
  • 6. Kegiatan Inti : Menerangkan cara mengubah kalimat verbal menjadi kalimat matematika
  • 7. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

•F.            Sumber Belajar

  • 1. Modul tentang Program Linier
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G.            Penilaian 

1.  Kuis

2.  Tes lisan

3.  Tes tulis

4.  Pengamatan dan penugasan

  

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   : Matematika

Kelas/ Semester                 : X / 2

Pertemuan Ke                    : 74 – 77

Alokasi                             : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi            :Menyelesaikan masalah program linier

Kompetensi Dasar               : Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linier

A.       Indikator                

1. Fungsi obyektif ditentukan dari soal

2. Nilai optimum ditentukan berdasar fungsi obyektif

B.        Tujuan Pembelajaran

          1. Siswa dapat dapat menetukan nilai obyektip dari soal cerita

          2. Siswa dapat menentukan nilai optimum, baik maksimum atau minimum

C.        Materi Pelajaran                  

1. Fungsi objektif

2. Nilai optimum

D.       Metode Pengajaran            

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan 

4. Penemuan

E.         Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan awal       :  Membahas PR dan memberikan pengantar tentang  model matematika

2. Kegiatan Inti        :  Menerangkan cara mencari nilai maksimum dan minimum

3. Kagitan Akhir        :  Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

         

F.       Sumber Belajar                  

1. Modul Matematik SMK

2. Referensi lain yang relevan

G.        Penilaian

1. Kuis

2. tes lisan

3. tes tulis

4. pengamatan danpenugasan

                                                      

Mengetahui,                                                                              Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   : Matematika

Kelas/ Semester                 : X / 2

Pertemuan Ke                    : 78 – 80

Alokasi                             : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi            : Menyelesaikan masalah program linier

Kompetensi Dasar               : Menerapkan garis selidik

A.        Indikator       

1. Garis selidik digambarkan dari fungsi obyektif

2. Nilai optimum  ditentukan menggunakan garis selidik

B.        Tujuan Pembelajaran

          1. Siswa dapatmenggambar garis selidik dari fungsi obyektif

          2. Siswa dapa t menentukan nilai optimim dengan menggunakan garis selidik

C.        Materi Pelajaran                          

Garis selidik

D.        Metode Pengajaran            

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Penemuan

E.         Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan awal       :  Membahas PR dan memberikan pengantar tentang  model matematika

2. Kegiatan Inti        :  Menerangkan cara mencari nilai maksimum dan minimum dengan menggunakan metode    

                                   garis selidik.

3. Kagitan Akhir        :  Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan serta mengabil nilai 

                                  tugas

F.         Sumber Belajar                           

1. Modul Matematik SMK

2. Referensi lain yang relevan

G.        Penilaian 

1. Kuis

2. tes lisan

3. tes tulis

4. pengamatan dan penugasan

                                                     

Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                       Guru Bidang Studi Matematika

Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   : Matematika

Kelas/ Semester                 : X / 2

Pertemuan Ke                    : 81 – 84

Alokasi                             : 8 x 45 menit

Standar Kompetensi            : Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan    

                                          dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor

Kompetensi Dasar               : Mendeskripsikan pernyataan dan bukan pernyataan (kalimat terbuka)

  • A. Indikator

1. Pernyataan dan bukan pernyataan dibedakan

2. Suatu pernyataan ditentukan nilai kebenarannya

B.        Tujuan Pembelajaran

          1. Siswa dapat membedakan antara pernyataan dan bukan pernyataan 

          2. Siswa dapat menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan

C.        Materi Pelajaran                  

Pernyataan dan bukan pernyataan

D.        Metode Pengajaran            

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Penemuan

E.         Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan awal                :  Pengenalan logika matematika kepada siswa melalui beberapa contoh dialam 

   yang nyata ( konkret )

2. Kegiatan Inti                  :  1.Menjelaskan tentang perbedaan antara pernyataan dan bukan pernyataan

                                         2. Menelaskan bagaimana menentukan nilai kebenaran

3. Kagitan Akhir                  :  Memberikan tugas siswa untuk membuat kalimat yang merupakan pernyataan

    dan yang merupakan pernyataan.

F.         Sumber Belajar                  

1. Modul

2. Matematik SMK

3. Referensi lain yang relevan

G.        Penilaian                          

  • 1. Kuis
  • 2. tes lisan
  • 3. tes tulis
  • 4. pengamatan dan penugasan

                                                     

Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika

Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   : Matematika

Kelas/ Semester                 : X / 2

Pertemuan Ke                    : 85 – 89

Alokasi                             : 10 x 45 menit

Standar Kompetensi            : Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan      

                                        dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor

Kompetensi Dasar               : Mendeskripsikan  ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi dan    

                                        ingkarannya

A.        Indikator                

1. Ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi dibedakan

2. Ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi, ditentukan  nilai kebenarannya

3. Ingkaran dari konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi ditentukan nilai kebenarannya

B.        Tujuan Pembelajaran          

          1. Siswa dapat membedakan antara ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi

          2. Siswa dapat menetukan nilai kebenaran ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi

3. Siswa dapat menetukan nilai kebenaran Ingkaran dari konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi ditentukan 

    nilai kebenarannya

C.        Materi Pelajaran                          

1. Ingkaran                                           4. Implikasi

2. Konjungsi                                          5. Biimplikasi                     

3. Disjungsi                                           6. Ingkarannya

D.        Metode Pengajaran            

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Penemuan

E.         Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan awal                :  Mengenalkan siswa tentang Ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan  

    biimplikasi

2. Kegiatan Inti                  :  1. Menjelaskas agar siswa dapat membedakan antara. Ingkaran, konjungsi,

   disjungsi, implikasi, dan biimplikasi.

   2. Menjelaskan agar siswa dapat menetukan nilai kebenaran ingkaran, konjungsi,

    disjungsi, implikasi, dan biimplikasi

3. Kagitan Akhir                  :  Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

F.         Sumber Belajar                           

1. Modul Matematik SMK

2. Referensi lain yang relevan

G.        Penilaian                          

1. Kuis

2. Tes lisan

3. Tes tulis

4. Pengamatan dan penugasan  

                                         

Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                        Guru Bidang Studi Matematika

                                                                                                             

Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471   

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   : Matematika

Kelas/ Semester                 : X / 2

Pertemuan Ke                    : 90 – 92

Alokasi                             : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi            : Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan 

                                        dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor

Kompetensi Dasar               : Mendeskripsikan Invers, Konvers dan Kontraposisi

•A.     Indikator

1. Invers, Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi

     2. Invers, Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi dan ditentukan nilai kebenarannya

B. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat menetukan Invers, Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi

     2. Siswa dapat menentuka Invers, Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi dan ditentukan nilai

         kebenarannya

C. Materi Pelajaran

1.Invers

2.Konvers

3.Kontraposisi dari implikasi

•D.     Metode Pengajaran                 

1.Ceramah

2.Diskusi

3.Penugasan dan Penemuan

E. Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan awal            :  Membahas PR dan memberikan pengenalan tentang Invers, Konvers dan Kontraposisi

   ditentukan dari suatu implikasi

2. Kegiatan Inti             :  Menerangkan agar siswa dapat menentukan nilai kebenaran . Invers, Konvers dan

    Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi.

3. Kagitan Akhir             :  Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

F. Sumber Belajar                        

1. Modul

2. Matematik SMK

3. Referensi lain yang relevan

G. Penilaian                      

1. Kuis

2. Tes lisan

3. Tes tulis

4. Pengamatan dan penugasan

                                                     

                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                       Guru Bidang Studi Matematika

Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   : Matematika

Kelas/ Semester                 : X / 2

Pertemuan Ke                    : 93 – 95

Alokasi                             : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi            :Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor

Kompetensi Dasar               : Menerapkan modus panens, modus tollens dan prinsip silogisme dalam menarik kesimpulan.

•A.     Indikator                     

1. Modus ponens, modus tollens dan silogisme dijelaskan pebedaannya

2. Modus ponens, modus tollens dan silogisme digunakan untuk menarik kesimpulan

3. Penarikan kesimpulan ditentukan kesahihannya      

B. Tujuan Pembelajaran                

1. Siswa dapat mengerti modus ponens, modus tollens dan silogisme serta mampu menjelaskan pebedaannya

2. Siswa dapat menetukan modus ponens, modus tollens dan silogisme digunakan untuk menarik kesimpulan

3. Siswa dapat menarikan kesimpulan ditentukan kesahihannya

C. Materi Pelajaran                      

1. Modus ponens

2. modus tollens dan silogisme

D. Metode Pengajaran                  

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan dan Penemuan

E. Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan awal            :  Membahas PR dan memberikan pengenalan tentang modus ponens, modus tollens dan

   silogisme serta menjelaskan pebedaannya

2. Kegiatan Inti             :  Menerangkan agar siswa dapat menetukan modus ponens, modus tollens dan silogisme

    digunakan untuk menarik kesimpulan

3. Kagitan Akhir             :  Memberikan latihan berbagai soal tentang modus ponens, modus tollens dan silogisme

    digunakan untuk menarik kesimpulan.

F. Sumber Belajar                        

1. Modul

2. Matematik SMK

3. Referensi lain yangnrelevan

G. Penilaian             

1. Kuis,

2. Tes lisan

3. Tes tulis

4. pengamatan dan penugasan

                                                      

          Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007

Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                               Guru Bidang Studi Matematika

Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                              Parjono, S.Pd

NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

177 respons untuk ‘RPP MATEMATIKA

Add yours

  1. Siapa yang punya Rencana Pengajaran Matematika untuk kelas XII IA?
    kalau ada yang punya tolong kirim ke e-mailku ya.
    riko_sagit @yahoo.com
    Thanks ya.

  2. dari : wong banyumas
    masukan mas parjo, akan lebih sempurna kalau rpp smk mas parjo di link ke materi pelengkapnya.
    mis : tes tertulis ya di link ke materi tesnya
    tak lupa makasiiiih. Allah meridhai. Amin

  3. Eh, kq ErPePe nya Simple amat ya waktu aq buka blog ni, P ga’ da yang lebih bagus lagi buat di posting ke blog ini ieh?..

  4. sahabat yang baik hati….. tolong donk kirim-kirim RPP matematika kelas XI & XII SMK ke email ku… terimakasih mg kita tetap eksis..

  5. Cayang . . . . . . . . . terima kaci RPP ny,, Aku copy buat melaksanakan tugas kuliah sebagai bahan percontohan.
    Vielen Dank !
    Liube Freunde !
    Eiur Gusti

  6. ‘afwan jiddan…
    rppnya di copy…
    terimakasih banyak, smoga pahalanya pada anda..
    masih baru sih jadi gurunya..tapi bikin rpp adalah tugas.

  7. meskipun secara teori rppnya kurang lengkap, tapi saya salut dengan anda coz peduli thdp pend Mat. teruss bjuang!!

  8. Dengan adanya perangkat pengajaran yang ada di internet amat sangat membantu para guru baik yang lama maupun yang baru. Terimakasih kepada semua guru yang telah memberi contoh perangkat pengajaran semoga Tuhan memberkati.Amin

  9. Thanks RPP nya. Untuk ke depan klo bisa sekalian dengan skenarionya, boleh kan? tolong juga dong RPP kelas XI dan XII biar Collectionnya lengkap juga. terima kasih

  10. hallow Mas
    Tolong kirimkan saya RPP Matematika Untuk kelas II SD dan Silabusnya
    khususnya pada pokok bahsan pecahan dan soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah
    tolong ya
    pleeeezzzzzzzzzz

  11. TLG DONG RPP MATX UNTUK SMK INDUSTRI KELAS XI DAN XII. TLG KRM KE EMAILKU YACH….. TKS BERAT

  12. PLEASSSEEEEEE Bagi yang punya RPP Matematika SMP kelas VII kirimin dong ke Email saya ya………..tolong bana yo…… trim’s

  13. makasih yaaaa……..RPPnya
    minta soal-soal SMK penjualan, kirim ke e-mail ak yaaaaaaaaa….!!!!!!!
    THANKS A LOT………………

  14. Pak, RPP-nya bagus sekali pak, tapi kepanjangen, lebih baik lain kali kalo buat posting di buat link aja biar pada download aja, apalagi di bagian akhir selalu ada nama kepala sekolah dan gurunya, ini kan menyangkut nama orang lain yang mustinya mungkin tidak perlu ditampilkan, atawa kalawo tidak di link ya diedit dulu (dihilangkan nama orang lain tersebut). Mohon mangap dah, ini cuma saran, kalawo lebih baik biar yang baca juga tidak ndlujur alias bosan kan lebih baik dilink. TQ RPP-nya ya. Teruskan berkarya, jangan surut oleh hinaan/cacian dan tetap berkarya, selamat kepada pak karya. hehehe…

  15. Ass. SOBATKU…..JON ROSSY
    Dipagi yang cerah dipengujung bulan syaban,diakhir bulan agustus, mendekati bulan Ramadhan 1429 H, di awal bulan september.Dua hal yang ingin aku ucapkan tuk Sobatku :
    1. MET MILAD(ULTAH ) ke 30 ( 31 Agustus 1978-31 Agustus 2008 )…maaf
    kalo salah tahun..yeee ” Moga dengan umur yang Allah SWT berikan
    menjadikan kamu lebih bermamfaat, baik buat diri sendiri, keluarga,
    agama,and jangan lupa juga buat sobatmu ini.
    ” Sebaik-baiknya manusia adalah yang memperhatikan bekalnya untuk
    hari esok “( Hari akhir )
    2. MET menunaikan Ibadah puasa 1429 H
    ” Jadikan Ramadhan kali ini lebih bermakna “Smoga mendapatkan
    preidikat taqwa, dengan peduli pada sesama ” RAMADHAN BULAN IMAN
    SAATNYA RAIH KEMENANGAN ”
    Pesan Sponsor : Kapan silaturahim and kapan kita makan bareng atau
    gimana buka puasa bareng aja kali yehh

  16. Pak, RPP anda masih mengkhawatirkan untuk pembelajaran inovatif. Tolong RPP itu memberikan skenario yang jelas tentang kegiatan anda, bukan abal – abalan. Trims

  17. happy ner year 2009,

    semoga di tahun baru ini, kita diberikan panjang umur and sehat-sehat slalu oleh Yang Kuasa,amiin.
    pak, punteun umpani tiasa mah rpp na diedit heula, pan iyeu teh di baca ku pamirsa sadaya.
    hatur nuhun pisan,
    daun salam dari kota bintan
    salam ti urang banten

  18. Tolong kirim RPP Bekerja sama dengan kolega dan pelanggan smk kelas 1dan rpp ekonomi kelas 3.Sebelumnya terima kasih.

  19. tolong donk kirimin soal-soal logaritma smp kelas IX ( kelas 3 smp )

    kalo ada tolong juga kirimin soal-soal unas sd, smp dan smu jurusan ips

    terima kasih banyak

  20. tolong donk kirimin RPP tematik SD kelas 2………………! pleeeeeeeeeeees ya……… klo bisa kirim langsung ke emailku. thank so mauch

  21. rpp yang lengkap, tap aku lagi butuh rpp irisan kerucut dan dimensi tiga smu……boleh dikirimain gak?

  22. assalamu’alaikum
    maaf pak / bu tolong kirimkan ke E-mail saya Rpp smk teknik dari kelas X, XI dan XII. terima kasih
    Wassalamu’alaikum

  23. tlg dikirimkan silabus dan rpp matematika smk teknologi kelas 3 k-emailq.
    aku mhon sekali bantuanta………..terima kasih bxk sebelunya….salam.

  24. terimakasih atas tersedianya RPP ini, semoga bisa digunakan dan diaplikasikan di sekolah-sekolah lain. Khususnya SMK umumnya SMA dan sederajat.

  25. terima kasih mas, dengan tesedianya rpp ini sangat membantu sekali. kalau ada rpp untuk kelas XI dan XII smk teknologi tolong dikirim lewat email.

  26. assalamu’alaikum…
    makasih infonya ttg rpp…smoga bsa brbagi ilmu yg laen…
    klo bisa sy mnta tlong kirim rpp smk tekin kelas x,xi dan xii
    makasih sbelumnya…

    1. jalukan temen jon……………. !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!??????.

  27. Saya sebagai seorang pengajar sangat senang dapat menemukan situs ini diinternel sebab seprang pengajar tak lepas dari apa itu yang disebut RPP. Apapun kegiatannya LARINYA TETAP PADA RPP

  28. Aslkm…
    Terima kasih ya atas rpp_nya, afwan jika tidak diperkenankan mengcopynya, semoga ini menjadi tambahan wawasan buat saya dan semua.. Peace… 🙂

  29. kalau boleh tolong dong kirimi saya model pembelajaran yang simple untuk mata pelajaran mat, trima kasih……….

  30. saya sedang kesusahan untuk mencari silabus dan alokasi waktu untuk pelajaran MATEMATIKA SMK Teknik Informatika Kelas XII.
    mohon bantuannya

  31. boleh minta rpp dan silabus matematika smk jurusan administrasi perkantoran,penjualan dan pariwisata untuk kelas X dan XI

  32. buat smua, modul n rpp adalh tugas seorang guru so sebaiknya dibuat sendiri dengan tujuan apa yang dibuat sesuai dengan kondisi siswa di sekolah anda. boleh lah klo mo nyonto tempat laen tapi saya sarankan sebagai referensi aja. di skul saya rpp nya lebih komplit, contoh saja tujuan pembelajaran itu harus di jabarkan dalam tiap pertemuan, misal dalam 1 rpp menghendaki sampai 5 kali pertemuan maka tujuan pembelajarannya jga harus dalam 5 kali pertemuan, kemudian untuk kegiatan pembelajarannya juga harus dijabarkan dalam setiap pertemuan, pada kegiatan inti harus terdapat kegiatan eksplorasi,elaborasi, dan konfirmasi. itu adalah minimal di rpp yang harus ada dan dicantumkan….sukses buat semuanya….

  33. gampang kok buat rpp… asalkan sabar dan berfikir inovatif….masak guru gak bisa buat rpp…. sukses ya….

  34. Ada gak mas materi pembelajaran menggunakan Ms.power poin? Kalau ada kirim dong ke email saya.Thanks.(Matematika SMA XI dan XII IPA)

  35. Subhanallah ni yang ane cari….
    sebagai guru yang baru mengajar di SMK tentu perlu bimbingan n ll, so Ane butuh perangkat adm pembelajaran SMK Teknik, mulai dari kelas X-XII, jika nya berkenan untuk mengirimkannya ke email ku.
    thank… hatur nuhun ah..

  36. tolong dikirmkan rpp dan modul..prolin,,relasi fungsi,,geometri dimensi II dan III untuk SMK bisnis dan manajemen dunk….thanks before….

  37. hy smua,,,,,,,,,,,,,,,,
    sya minta tolong ya,klau ada yg punya rpp smk bisnis manajemen kelas 2 dan 3,tlng kirim ya,karna sya sangt membutuhkan’ya,,,,,,,,,,,,,,,,,!!!

    kirm aj ke email sya ya,,,,,,,,,,,,,,!!!

  38. Tolonglah dikirim ke email saya rpp matematika smp lengkap ya pak, mulai kelas VII, VIII dan IX makasih banyak sebelumnya

  39. TRIMS, apa gak terlalu singkat? lebih baik kalau materi juga ada kan sekarang sudah mulai digalakkkan RPP berkarakter?

Tinggalkan Balasan ke tutyrosfiartie Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: